Minggu, 04 November 2012

MANAGEMENT PENDIDIKAN


POKOK PEMBAHASAN
Management Pendidikan adalah proses mengintegrasikan sumber-sumber yang tidak berhubungan menjadi sitem total untuk menyelesaikan suatu tujuan,
dapat diartikan juga sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya,
Administrasi pendidikan adalah kerja sama antara anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yang mengenai kegiatan-kegiatan rutin, seperti administrasi pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan dan sarana prasarana.
Kepemimpinan pendidikan  dapat diartikan juga dengan pemimpin  dalam sebuah organisasi pendidikan, dimana seorang pemimpin harus bisa mengembangkan potensi para bawahannya, mengetahui tentang apa yang diinginkan dan giat mengerjakannya, memiliki motivasi yang tinggi, memperlakukan bawahan berbeda-beda sesuai dengan individunya. Seorang manager pendidikan tidak hanya memanfaatkan tenaga bawahannya yang sudah ahli atau terampil demi kelancaran organisasi yang dipimpin, meainkan juga seharusnya memberikan kesempatan bahkan menghimbau atau member kesempatan agar para bawahannya dapat meningkatkan keahlian atau keterampilannya. Dengan ini mutu pendidikan akan semakin meningkat.
ABSTRAK
Didalam dunia pendidikan memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam mencapai suatu tujuan, salah satu aktivitas tersebut adalah management pendidikan, yang mengatur semua aspek didalam sebuah kelompok, didalam tatanan pendidikan terdapat beberapa aspek yang sangat mempengaruhi terhadap jalannya sebuah pendidikan, diantaranya management, administrasi dan kepemimpinan, kesemuanya itu berperan penting dan saling bekesinambungan,
Dalam sebuah lembaga pendidikan tentu memiliki manager atau pemimpin, administrator, dan management , seorang pemimpin harus bisa mengendalikan dan mengelola bagaimana mengarahkan semua lini yang ada didalam sebuah organisasi pendidikan, sedangkan administrasi sebagai pengarah yang efektif dan management sebagai pelaksana yang efektif.


KESIMPULAN
Dalam pengelolaan organisasi, kepemimpinan, administrasi dan manajemen saling berkaitan dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah direncanakan pada pengembangan organisasi tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan secara umum, antara lain yaitu:
  1. Hubungan antara kepemimpinan, manajemen, administrasi dan organsiasi sangat berkaitan erat terhadap pengembangan lembaga pendidikan terutama pengembangan disektor sumber daya mansusia.
  2. Dalam suatu organisasi, perencanaan merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan berdasarkan visi dan misi organisasi tersebut.
  3. Untuk mengembangan lembaga pendidikan/organisasi, maka keberadaan penggerakan (actuating) sangat penting dalam mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Maju dan berkembangnya suatu lembaga pendidikan/organisasi sangat tergantung dengan fungsi manajemen yang berhubungan dengan penggerakan. Apabila fungsi ini berjalan dengan efektif dan efisen, maka akan bertampak terhadap pengembangan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

HUBUNGAN MANAJEMEN, ADMINISTRASI DAN KEPEMIMPINAN

                Manajemen, administrasi dan kepemimpinan adalah konsep yang selalu kita temukan dalam prilaku hidup berorganisasi. Persamaan dari ketiga istilah tersebut adalah bahwa baik administrasi, manajemen maupun kepemempimpinan dilaksanakan sebaik-baiknya untuk memperoleh tujuan bersama dari pelaku organisasi, dengan kata lain baik buruknya administrasi, manajemen dan kepemimpinan dari suatu organisasi menentukan tercapai tidaknya tujuan dari organisasi tersebut.
PERBEDAAN MANAJEMEN, ADMINISTRASI DAN KEPEMIMPINAN

 Adapun perbedaan dari ketiga konsep tersebut bahwa administrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu secara terperinci. Sedangkan kepemimpinan adalah sebagai gaya atau style yang dipilih pemimpin suatu organisasi untuk mengawal atau mengawasi berjalannya setiap rencana yang telah direncanakan dan akan dijalankan dan juga dapat sebagai pengambil keputusan.


0 komentar:

Posting Komentar